Pages

2012/12/31

Tips menghemat penggunaan baterai BlackBerry


Sejak diluncurkannya BlackBerry 7, sebagian besar penggunanya mengeluh akan baterainya yang sangat boros. Banyak faktor yang menyebabkan borosnya konsumsi baterai BlackBerry, mulai dari kapasitas baterai yang tidak sebanding dengan spesifikasi hardware, OS yang masih bermasalah dan buruknya kualitas jaringan seluler di Indonesia. Untuk menghadapi masalah tersebut, kami memiliki beberapa tips untuk menghemat baterai BlackBerry yang bisa Anda terapkan, semoga Anda menyukainya.
Gunakan mode 2G saja ketika tidak browsing/download
Jika dicek melalui BlackBerry Device Analyzer, fitur yang mengkonsumsi baterai paling banyak adalah mobile network atau jaringan operator karena menggunakan mode 3G. Untuk penggunaan BBM atau social networking, cukup gunakan 2G saja. Cara mengubahnya buka Options > Networks and Connections > Mobile Network, ubah Network mode menjadi 2G Only lalu Save.
NB: Cara ini hanya berlaku untuk BlackBerry GSM yang mendukung jaringan 3G.
Jika ada, gunakan wifi
Ternyata penggunaan jalur data melalui wifi lebih hemat ketimbang jalur data seluler, karena itu lebih baik gunakan wifi jika berada di lokasi yang mendapatkan sinyal wifi.
Ubah Backlight Brightness ke paling redup
Backlight layar BlackBerry sangat terang, memang bagus, tapi tidak bagus untuk baterai. Sebaiknya ubah Backlight Brightness ke paling redup, karena layar BlackBerry masih cukup terang jika diubah ke paling redup. Caranya buka Options > Display > Screen Display, ubah Backlight Brightness jadi 10 lalu Save.
NB: Tidak berlaku untuk pengguna anti gores tipe anti spy.
Matikan LED Coverage Indicator
LED Coverage Indicator cukup banyak memakan baterai, lampu LED akan berkedip secara terus menerus jika ada sinyal, lebih baik dimatikan saja. Caranya seperti cara ke-4, kemudian hapus contreng LED Coverage Indicator, lalu Save.
Matikan Bluetooth, NFC, GPS dan Wifi jika tidak digunakan
Bluetooth, NFC, GPS dan Wifi sebaiknya dimatikan jika tidak digunakan, karena keempat perangkat tadi terus memancarkan gelombang frekuensi secara berkala walaupun sedang tidak digunakan.
Tips di atas juga bisa diterapkan di OS 6, dan juga OS 5 namun caranya sedikit berbeda.

Sumber : duniati.com

0 comments:

Post a Comment