Pages

2013/01/06

Cara Cepat Belajar Gitar


Saya akan share sedikit pengalaman saya tentang cara yang paling cepat agar anda mahir dalam hitungan bulan bahkan minggu. Saya sendiri sudah hampir 9 tahun belajar gitar, jadi bisa di katakan punya sedikit pengalaman dari manis pahitnya belajar gitar dan tingkat kesulitannya. Sebenarnya anda tidak butuh waktu selama itu untuk bisa seperti saya, dan saya juga tidak merasa saya sudah bisa menggurui anda cuman setidaknya pengalaman saya bisa di jadikan gambaran untuk anda agar anda tidak butuh waktu yang lama dalam belajar gitar.

Sebenarnya anda cukup 1 tahun untuk bisa mahir dan mampu memainkan lagu-lagu sulit sekalipun, seperti Dream Theater mungkin. Itu sudah bukan mimpi lagi buat anda karena saya akan segera menuliskan tipsnya. Biar tidak terlalu panjang lebar nih saya kasih tips dan triknya.

Pertama.
Anda harus punya sendiri alat musik yang anda butuhkan. Contoh: Gitar Akustik, Gitar Elektrik, Sound, Efek dan yang lainnya. Karena, bila anda tidak mempunyai alat sendiri anda akan susah untuk berkembang, contohnya saya ini. Hampir 9 tahun belajar gitar saya belum perbah sekalipun mempunyai gitar sendiri dan entah gitar siapa saja yang saya pakai buat berlatih dan itu waktu yang terbatas karena saya harus segera mengembalikan gitar teman sya tersebut bukan?.

Kedua.
Rajinlah ke warnet, kenapa? karena di warnet anda bisa membuka tips-tips gitar di google dan video lesson beserta ribuan lik di youtube. Jangan tinggalkan juga forum-forum seperti di facebook dan lainnya. Percaya atau tidak, saya merasa sangat berkembang ketika saya rajin membaca tips dan video sharing dari teman-teman di facebook. Dengan menonton video teman-teman facebook kita akan lebih termotifasi ketimbang kita melihat seorang gitaris yang sudah terkenal. trust me !!!

Ketiga.
Kunci bermain gitar adalah kekuatan. kelincahan dan ke akuratan kedua tangan kita. Maka dari itu rajin-rajinlah senam jari/fingering dari pada anda sibuk memainkan lagu-lagu baru. Tidak di sadari fingering adalah latihan paling mujarab agar tangan kita bisa memainkan berbagai macam permainan yang bisa di lakukan dengan gitar.

Keempat.
Usahakan jangan bosan, setiap orang pasti akan merasakan kejenuhan bisa selalu melakukan hal yang sama dan tidak menarik. Jangan bosa di sini adalah jangan bosan untuk fingering, baca-baca tips, praktek dan latihan. Pengalaman pribadi, bila saya merasa jenuh saya akan kembali menonton video teman saya yang anggap sudah jago, di situ adrenalin saya akan kembali menggelora dan bisa mengalahkan kebosanan saya dari latihan gitar yang memang sangat menjenuhkan.

Kelima.
Jangan pernah berharap anda akan akan naik dalam hitungan hari. Terlalu cepat menyimpulkan kenaikan teknik dan kualitas bermain gitar anda akan mengakibatkan anda cepat puas dan akhirnya kurang semangat dalam berlatih. Ingat dia atas langit masih ada langit walaupun di bawah laut masih ada laut. Kesimpulannya tidak usah menghitung-hitung waktu, lakukan saja apa yang anda mengerti dan terus lakukan.

Itulah beberapa tips yang saya sebut paling cepat dalam belajar gitar agar anda bisa memainkan lagu-lagu sesuka anda. Skill akan terlatih dan kualitas akan di dapat bila anda tekun menjalani poin-pin di atas walaupun masih banyak poin penting yang mungkin tidak terpikirkan oleh saya.
Sekian dari saya dan jangan pernah menyerah.

Sumber : my.opera.com

0 comments:

Post a Comment